Pertumbuhan Rohani, Membaca Alkitab Setiap Hari, dan Mengapa? - Khotbah 3 Wilfred

Pada khotbah saya yang kedua, saya berbicara mengenai kemunkinan bahwa Tuhan kita Yesus Kristus akan datang kembali tahun depan. BERJAGA-JAGA dan perhatikan tanda-tanda. Ini adalah perintah yang jelas untuk berjaga-jaga karena tidak ada seorangpun yang tahu kapan Yesus akan datang kembali kecuali Allah Bapa. Yesus dengan jelas menggambarkan bagaimana Pengangkatan Gereja akan terjadi dan menunjukkan siapa yang diambil dan siapa yang tertinggal. Ini adalah pilihan setiap orang Kristen. Menurut saya, tugas saya dan para pendeta adalah mempersiapkan Gereja SEHINGGA ORANG-ORANG PERCAYA AKAN DIANGKAT. Bahkan jika Yesus benar-benar kembali tahun depan, hanya ada sedikit waktu tersisa untuk memenangkan orang-orang yang tidak percaya, dan setiap orang percaya memiliki tugas yang sulit untuk memenangkan jiwa-jiwa bagi Tuhan Yesus Kristus. Sekarang saatnya untuk mengumumkan kebenaran Tuhan, baik hal itu nyaman atau tidak nyaman. Dan itu adalah pilihan bebas setiap orang percaya untuk mendengarkan khotbah saya, mempelajari situs web saya dan Instagram atau untuk mengabaikannya.
Saya ingin memulai khotbah ini dengan perlunya membaca Alkitab setiap hari. Bagaimana kita membaca Alkitab dan MENGAPA? Dimulai dengan yang terakhir, ini adalah:

  1. Yang pertama, ini adalah Tuhan yang berbicara kepada Anda.
  2. Kedua, ini adalah senjata Anda untuk melawan kuasa gelap.
  3. Ketiga, ini mengungkapkan dosa di hidup kita.
  4. Keempat, Firman Tuhan meyakinkan orang tidak percaya

Jadi kita harus memiliki pengetahuan Alkitab yang tinggi. OLEH KARENA ITU, kita harus membaca Alkitab setiap hari.

Bagaimana kita membaca Alkitab?

Alkitab adalah Firman Tuhan yang merupakan otoritas Ilahi. Anda dapat mengatakan bahwa ada kesalahan terjemahan dari bahasa Ibrani atau Yunani, tetapi terjemahan tersebut dilakukan dengan sangat hati-hati. Seperti dalam bahasa apa pun, seseorang dapat mengatakan hal yang sama dalam istilah yang berbeda. Itulah mengapa, sangat bagus adanya untuk membaca Alkitab dari beberapa terjemahan. Dan kuasai bahasa asing tersebut untuk membaca Alkitab dalam bahasa asing itu.
Anda tidak membaca Alkitab seperti membaca buku biasa atau Novel. Ini membutuhkan waktu Anda untuk bersiap-siap, dimana pertama-tama akui dosa dan minta kepada Roh Kudus dalam doa untuk membuka mata Anda dan menunjukan apa yang Tuhan ingin sampaikan dan ajari kepada Anda hari ini. Roh Kuduslah yang membuat Alkitab menjadi jelas. Pada saat kejatuhan manusia, komunikasi dengan Roh (Kudus) telah diambil dan manusia TIDAK DAPAT KEMBALI berkomunikasi dengan Tuhan. Setelah pengadopsian Yesus Kristus sebagai Juru Selamat, manusia menerima Roh Kudus sehingga manusia dapat mengerti Firman Tuhan dan dapat berkomunikasi dengan Tuhan kembali.
Setelah membaca Alkitab lebih dari 30 tahun, saya masih menemukan banyak hal baru, karena saya melewatinya dalam membaca dahulu dan Roh Kudus berbicara kepada saya. Setelah saya membaca seluruh Alkitab dalam waktu 1 tahun. Hal ini juga penting dalam hal pertumbuhan rohani, karena orang(muda) percaya tidak dapat memproses semua dosa sekaligus dan mengontrolnya dalah Roh di hidup mereka.
Ini membutuhkan waktu dan kucilkan diri Anda( "Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu j yang ada di tempat tersembunyi"-Matius 6:6) ini adalah waktu privat Anda bersama Tuhan. Dan ingatlah bahwa Allah Bapa dan Tuhan Yesus Kristus yang tinggal di Surga, jadi tunjukanlah segala HORMAT yang layak bagi Tuhan.
Jika Anda sedang terburu-buru dan tidak memiliki waktu untuk membaca Alkitab, akanlah sulit untuk dapat berfokus pada pemahaman Firman Tuhan dan mendengarkan apa yang Tuhan inginkan dari Anda.
Setelah membaca, sekarang saatnya untuk merenungkan apa yang dikatakan ayat-ayat Alkitab ini kepada Anda secara pribadi.
Dianjurkan juga untuk melihat komentar-komentar Alkitab. Secara umum, komentar dalam bahasa Inggris adalah yang terbaik.
Dalam grup studi Alkitab, Anda dapat mendengar penjelasan dari orang Kristen lainnya.
Jika Anda tidak memahami sesuatu, serahkan kepada Roh Kudus untuk menjelaskannya kepada Anda. Terkadang Anda akan menerima penjelasan dengan cepat,dan juga terkadang Anda akan menerima penjelasannya dengan cara yang luar biasa, terkadang butuh waktu berbulan-bulan (bertahun-tahun) hingga Anda siap menerima jawabannya.
Anda membutuhkan pengetahuan tentang Alkitab untuk melawan setan, untuk penginjilan dan pertumbuhan Rohani Anda.
Tanpa pengetahuan Alkitab yang menyeluruh, tanpa pedang Roh, yaitu Firman Tuhan (Efesus 6:17), kita tidak dapat mengalahkan singa iblis yang mengaum (1 Petrus 5:8).

Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.

Raungan Singa

Yesus murni menggunakan Firman Tuhan dalam Matius 4:3-11 untuk melawan Setan, dan dalam ayat 11, Iblis dikalahkan dan pergi. Jadi, dalam setiap serangan setan terhadap orang percaya, orang percaya harus menggunakan Firman Tuhan (ayat Alkitab) untuk melawan setan. Itu membutuhkan pengetahuan Alkitab yang tegus dalam hati, yang hanya dapat Anda miliki jika Anda membaca seluruh Alkitab dalam 1 tahun.
Dengan kasih, seseorang dapat menggunakan ayat-ayat Alkitab untuk menginjili dan mendekati orang yang tidak percaya dengan Yohanes 3:16 yang paling terkenal.

Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Itu adalah Firman Tuhan dan Roh Kudus-lah yang meyakinkan orang yang tidak percaya.
Dengan berlatih dalam Firman Tuhan dalam setiap serangan Iblis, seseorang akan bertumbuh secara rohani. Namun hal ini membutuhkan pengetahuan Alkitab yang menyeluruh karena Hawa mengalami kejatuhan terhadap Setan karena hanya mengetahui setengah kebenaran. Dan perhatikan dengan seksama penyalahgunaan Setan atas Firman Tuhan dalam godaan Yesus dalam Matius 4.
Pelajari ayat-ayat Alkitab dengan hati yang penting bagi Anda melawan Setan dalam peperangan dan untuk penginjilan.

Bisakah seseorang menguji segala sesuatu dengan Alkitab untuk mengetahu apakah ini dari Tuhan?

Pada dasarnya ya, tapi tidak selalu. Matius 25 menggambarkan tentang 5, 2 dan 1 talenta dan bagaimana Yesus meminta pertanggungjawaban setiap orang untuk menjaga sesamanya. Uang saya bukan milik saya tapi milik Tuhan. Bagaimana saya menghabiskan uang saya, saya harus bertanggung jawab kepada Yesus. Suatu hari saya melihat bahwa seorang saudari dalam Kristus sangat membutuhkan mesin cuci. Saya pergi ke toko, melihat mesin cuci murah yang saya tahu tidak mencuci dengan bersih, lalu saya melihat mesin cuci yang bagus dan mencatat harganya lalu mencarnya di toko lain. Tapi sebuah suara dalam hati saya berkata: TIDAK. Namun Alkitab mengatakan bahwa saya harus membantu tetangga saya. Jadi saya tidak membelinya dan saya mendengarkan yang dikatakan. Lebih dari seminggu kemudian mesin cuci ini seharga 400 reais, 100 dolar lebih murah. Dan saya diizinkan untuk membeli mesin cuci tersebut, memasukkannya ke dalam mobil saya dan mengirimkannya kepada saudari saya di dalam Kristus tersebut. Roh Kudus tahu masa depan, tahu bahwa mesin cuci akan lebih murah seminggu kemudian. Itu adalah contoh dari mendengarkan dan ketaatan.
Mari kita lihat Raja Saul. Nabi Samuel memerintahkan Saul (1 Samuel 15) untuk menumpas orang Amalek, termasuk binatang ternak. Apa yang dilakukan Raja Saul? Dia menghancurkan orang Amalek, tapi menyisakan ternak terbaik. Ketika Samuel bertemu Saul setelah kemenangan, dia mendengar suara ternak dan bertanya mengapa dia tidak menjalankan perintah Tuhan dan menumpas ternak? Perhatikan alasannya: (Ayat 21) "untuk mempersembahkan korban kepada TUHAN, Allahmu". Jawaban Samuel adalah (ayat 22):

"Apakah TUHAN itu berkenan kepada korban bakaran dan korban sembelihan sama seperti kepada mendengarkan suara TUHAN? Sesungguhnya, mendengarkan lebih baik dari pada korban sembelihan memperhatikan lebih baik dari pada lemak domba-domba jantan"

Secara pribadi saya merasa sulit untuk mendengarkan ketika suara itu berbicara kepada saya. Tidak selalu mungkin untuk menentukan apakah itu dari Tuhan atau bukan. Ya, saya telah melakukan kesalahan, tapi untungnya saya bisa mengakui dosa-dosa saya dan diampuni oleh Tuhan
Seorang saudara di dalam Kristus ingin meminjam uang dan dengan ketidaktaatan, saya meminjamkan nya. Saya tahu bahwa saudara ini tidak dapat mengelola uang, tetapi dia berkata bahwa dia membutuhkan uang tersebut untuk memulai bisnis. Dua tahun kemudian dia bangkrut. Saya ingin memberi tahu Anda tentang pekerjaan BEM. Masyarakat misionaris Belanda yang bekerja di Minas Gerais, Brasil. Tugas mereka adalah membantu keluarga selama tiga tahun. Bagaimana caranya ? Anak-anak bisa masuk sekolah setengah asrama dari jam 7 pagi sampai jam 4 sore dimana mereka mendapatkan makan dan menerima pendidikan. Orang tua dapat kembali bekerja dan mendapatkan uang. Dan juga kebun untuk menanam padi dan sayur mayur. Setelah tiga tahun, mereka harus mandiri dan mampu mengurus diri sendiri. Itu adalah proyek yang luar biasa yang dimulai 50 tahun lalu. Banyak dari mereka adalah dokter, pengacara, kerja di kantor, konselor sosial, atau guru di salah satu dari 13 sekolah-asrama.

Apakah yang Alkitab katakana tentang bekerja ?

2 Tesalonika 3:10 jika seorang tidak mau bekerja, janganlah ia makan.

Ini adalah ayat Alkitab yang serius. Yang harus kita tanggapi dengan serius. " Ah Wilfred Anda tidak serius. Anda tinggal di Brazil dengan tingkat pengangguran 13%, sehingga sulit untuk mendapatkan pekerjaan." Ya itu benar. Saya sendiri sudah menganggur 2x 3 tahun di Belanda. Namun, tidak ada waktu yang terbuang. Waktu ini adalah masa pertumbuhan Rohani. Saya bisa berdoa selama 3 jam untuk membawa orang-orang belum percaya ke hadapan Tuhan, melalui nama, penulis film dan televisi. Saat belajar Alkitab. Saat kerja sosial.
Di sini saya melihat orang percaya yang menganggur menghabiskan waktu dengan menonton televisi, tidak melakukan apa-apa sepanjang hari, tidak ada kunjungan ke saudara dan saudari, tidak ada pertumbuhan rohani. Mereka hidup dalam kemiskinan literal dan kemiskinan spiritual. Maaf untuk mengatakannya, tetapi ayat Alkitab ini berlaku untuk mereka.
Karena Kehendak Tuhan adalah untuk menggunakan waktu Anda yang berhubungan dengan-Nya dan dalam pekerjaan-Nya.
HUBUNGAN ANDA DENGAN TUHAN ADALAH HAL YANG PALING PENTING DALAM HIDUP ANDA.
Hubungan ini diperlukan agar Anda di angkat dan pergi ke Surga. Jika Anda belum tertarik dengan hubungan ini selama di bumi, mengapa pergi ke Surga? Lagi pula, Anda tidak memenuhi imamat kerajaan Anda di bumi. Anda bukan wakil Tuhan di bumi, bagaimana Anda bisa memerintah bersama Yesus Kristus sebagai raja dalam 1000 tahun Kerajaan Kristus? Hidup Anda sebagai seorang Kristen adalah kesaksian Anda, persiapan Anda. Marilah kita menangani tugas-tugas ini dengan serius. Yang bukanlah berperilaku pasif, tetapi kehidupan Kristen yang aktif di bawah bimbingan Roh Kudus. Pilihannya terserah kepada KITA!